1969-12-08 Presiden Soeharto Buka Bersama Dewan Dakwah

Presiden Soeharto Buka Bersama Dewan Dakwah[1]

SENIN, 8 DESEMBER 1969, Sore ini Presiden Soeharto berbuka puasa bersama pengurus Dewan Dakwah Islam Indonesia di Wisma Tamu Istana, Jakarta. Pada kesempatan itu, Presiden menjelaskan tentang kebijaksanaan pemerintah mengenai pemberangkatan jemaah haji dan masalah kordinasi pengumpulan zakat. Presiden menilai adanya kekurangan-kekurangan dalam tubuh umat Islam yang berupa kekurangan material. Menurut Presiden, kekurangan-kekurangan ini sering menimbulkan pertentangan dan salah paham di antara umat Islam Indonesia, yang hanya dapat dihilangkan dengan introspeksi. Oleh karena itu, Presiden meminta kepada para anggota Dewan Dakwah Islam Indonesia untuk menghilangkan cara­cara dakwah yang bertitik berat pada dan diboncengi oleh kegiatan-kegiatan politik. Dalam hubungan ini Presiden mengharapkan agar dakwah sekarang ini ditujukan pada pemberian tuntunan pengetahuan dan amalan dari ajaran-ajaran agama.

Pada akhir acara Presiden Soeharto menyerahkan sumbangan sebesar Rp. I juta kepada lembaga tersebut, untuk dipergunakan bagi kegiatan­kegiatannya. (WNR).



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973”, hal 178 Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

 

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.