1971-06-10 Presiden Soeharto Meresmikan Serangkaian Proyek di Cilacap

Presiden Soeharto Meresmikan Serangkaian Proyek di Cilacap[1]

 

KAMIS, 10 Juni 1971, Hari ini Presiden Soeharto berada di Cilacap, Jawa Tengah, untuk meninjau dan sekaligus meresmikan proyek pasir besi, kawasan industri dan pipa minyak Pertamina. Pada peresmian  proyek pasir besi, yang diusahakan oleh PN Aneka Industri, Presiden mengatakan bahwa Indonesia harus mengubah ketergantungan pada ekspor hasil pertanian dan perkebunan dengan meningkatkan ekspor pertambangan di samping  berusaha memperbesa nilai hasil pertanian dan perkebunan.

Pada kesempatan itu pula Presiden mengungkapkan rasa gembiranya bahwa sekarang ini peranan pertambangan dalam perekonomian Indonesia dengan cepat bertambah besar, terutama dalam dua-tiga tahun belakangan ini. Misalnya, demikian Presiden, dengan adanya ekspor pasir besi dari Cilacap ke Jepang, yang setiap tahunnya mencapai 300.000 ton, maka penerimaan devisa akan bertambah sebanyak 1,5 juta dolar AS setahun.  (AFR).



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973”, hal 336. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.