1973-08-10 Presiden Soeharto Resmikan Pemugaran Candi Borobudur

Presiden Soeharto Resmikan Pemugaran Candi Borobudur[1]

JUM’AT, 10 AGUSTUS 1973, Hari ini Presiden Soeharto meresmikan dimulainya pemugaran Candi Borobudur di Jawa Tengah. Dalam pidato peresmiannya, Kepala Negara mengatakan bahwa pemugaran itu merupakan usaha kita untuk memperkuat kepribadian bangsa, memelihara kebudayaan bangsa dan memupuk rasa percaya kepada diri sendiri. Diungkapkannya pula rasa haru dan terima kasihnya atas bantuan bangsa lain, melalui UNESCO, dalam usaha penyelamatan candi besar ini.

Sebagaimana diketahui, sejumlah negara telah memberikan atau menjanjikan bantuan untuk pemugaran Candi Borobudur. Diantara negara-negara yang telah dan akan memberikan sumbangan adalah Australia, Negeri Belanda, Cyprus, Prancis, Republik Federasi Jerman, Ghana, India, Iran, Italia, Jepang dan Singapura. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 42. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.