1974-09-09 Presiden Soeharto-PM Tun Abdul Razak Bertemu di Tretes

Presiden Soeharto-PM Tun Abdul Razak Bertemu di Tretes

Hadiri Kontes Sapi dan Pameran Ternak di Plumbon Pandaan [1]

 

SENIN, 9 SEPTEMBER 1974 Pukul 08.40 pagi ini Presiden Soeharto tiba di lapangah udara Juanda, Surabaya. Sepuluh menit kemudian di tempat yang sama tiba pula Perdana Menteri Malaysia, Tun Abdul Razak. Keberadaan kedua pemimpin di sini adalah dalam rangka pembicaraan tidak resmi yang berlangsung siang ini di daerah peristirahatan Jawa Timur yang terkenal, Tretes. Pembicaraan tidak resmi ini meliputi masalah­masalah bilateral dan regional, akan tetapi tidak diperoleh keterangan mengenai persoalan-persoalan yang telah dibahas. Namun demikian, kedua belah pihak menilai pertemuan tidak resmi itu sebagai sangat memuaskan.

Sore ini, usai pertemuan, kedua pemimpin berpisah di lapangan terbang Juanda. Tepat pukul 15.40 pesawat yang ditumpangi PM Abdul Razak meninggalkan landasan menuju Pulau Bali dimana pemimpin Malaysia itu akan beristirahat. Lima menit kemudian Presiden Soeharto terbang kembali ke Jakarta.

Sebelum melangsungkan pembicaraan di Tretes, pukul 10.00 pagi ini Presiden Soeharto dan PM Abdul Razak menghadiri acara pembukaan Kontes Sapi dan Pameran Temak Nasional ke-2 yang berlangsung di desa Plumbon, Pandaan, Jawa Timur. Ketika meresmikan acara tersebut, Kepala Negara mengatakan bahwa pengembangan peternakan mempunyai tempat yang penting dalam seluruh gerak pembangunan, baik dalam tahap permulaan sekarang ini maupun dalam tahap-tahap yang lebih maju di masa datang. Karena itu Kepala Negara mengharapkan agar perlombaan dan pameran ternak yang diadakan setahun sekali ini tidak dianggap sebagai puncak daripada hasil, melainkan sebagai permulaan dari pekerjaan baru untuk mengembangkan peternakan di seluruh Indonesia. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 155-156. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.