1974-09-10 Presiden Soeharto Instruksikan Kebijakan Luar Negeri Kawasan Sekitar

Presiden Soeharto Instruksikan Kebijakan Luar Negeri Kawasan Sekitar

Menerima Laporan Razia Atasi Gangguan Keamanan [1]

 

SELASA, 10 SEPTEMBER 1974 Di Bina Graha pagi ini Presiden Soeharto memimpin Sidang Dewan Stabilisasi Politik dan Keamanan Nasional. Dalam sidang ini Kepala Negara telah menguraikan tentang pembicaraan-pembicaraan tidak resmi yang dilakukahnya dengan Perdana Menteri Australia, Gough Whitlam, dan Perdana Menteri Malaysia, Tun Abdul Razak. Disamping itu ia juga menjelaskan tentang hasil-hasil kunjungannya di Birma dan Singapura belum lama ini. Menyangkut pembicaraan-pembicaraan resmi dan tidak resmi yang telah dilakukannya dengan para pemimpin di kawasan ini, Presiden menginstruksikan agar segala hal yang telah dibicarakannya itu dijadikan pedoman oleh para menteri dan petugas dalam bidang masing-masing, khususnya yang menyangkut luar negeri.

Sementara itu berdasarkan laporan Kepala Staf Kopkamtib, Laksamana Sudomo, diketahui bahwa dalam razia yang dilakukan di kota-kota besar sejak 18 Juli sampai 18 Agustus yang lalu, aparat keamanan telah menyita 170 pucuk senjata. Operasi tersebut diadakan dalam rangka instruksi Presiden Soeharto agar aparat keamanan meningkatkan usaha untuk mengatasi gangguan keamanan. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 156-157. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.