1974-09-11 Presiden Soeharto Lantik Tiga Duta Besar Baru

Presiden Soeharto Lantik Tiga Duta Besar Baru [1]

 

RABU, 11 SEPTEMBER 1974 Tiga orang duta besar baru, dilantik oleh Presiden Soeharto pagi ini. Ketiga duta besar itu adalah Zainul Arifin Usman untuk Republik Arab Suriah, Laksamana Subono untuk Kerajaan Inggris, dan Gusti Roesli Noor untuk Kerajaan Denmark dan Kerajaan Norwegia. Dalam amanat pelantikannya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa dunia kita sekarang sungguh-sungguh memerlukan hubungan yang makin erat dan jalin menjalin antara bangsa-bangsa. Keadaan ini mengharuskan semua bangsa memikirkan kembali segala tata hubungan baru yang akan menjamin keselamatan manusia dan kemanusiaan. Krisis ekonomi, krisis pangan dan krisis ketenagaan yang akhir-akhir ini melanda dunia sesungguhnya telah merupakan pertanda nyata dari keharusan adanya tata hubungan baru itu.

Lebih jauh dikatakannya bahwa persoalan yang dihadapi oleh semua bangsa dewasa ini adalah bagaimana dapat diambil langkah bersama yang nyata untuk meletakkan dasar dan memperkuat jaminan bahwa kehidupan bersama yang memberi keselamatan dan keadilan itu menjadi kenyataan. Tidak bisa lain, demikian ditegaskannya, semua bangsa harus bekerjasama saling isi mengisi dan bantu membantu. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 157. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.