1975-08-07 Presiden Soeharto Menuju Medan Resmikan Sejumlah Proyek

Presiden Soeharto Menuju Medan Resmikan Sejumlah Proyek

Pusat Kesenian Tapian Daya, Trans Sumatera Microwave dan Plywood Besitang[1]

KAMIS, 07 AGUSTUS 1975. Dengan menumpang pesawat Fokker-28, Presiden Soeharto berangkat ke Medan dari lapangan udara Halim Perdanakusuma dalam rangka peresmian sejumlah proyek pembangunan di Sumatera Utara. Proyek-proyek tersebut adalah Pusat Kesenian Tapian Daya, Trans Sumatera Microwave, dan pabrik plywood PT Raja Garuda Mas yang terletak di Besitang.

Ketika meresmikan Pusat Kesenian Tapian daya, Kepala Negara mengatakan bahwa membina kebudayaan dan kesenian nasional adalah sangat penting. Dalam hubungan ini, kemampuan yang bertambah besar dalam bidang ekonomi akan dimanfaatkan pula untuk meningkatkan kesejahteraan rohani. Maka arah dan bimbingan menuju kesejahteraan rohani diarahkan kepada sumbernya, yaitu warisan kebudayaan nasional kita yang indah dan luhur. Kemudian ditegaskannya bahwa pembangunan Tapian Daya merupakan bagian dari pembangunan bangsa kita.

Sementara itu, ketika meresmikan Trans Sumatera Microwave secara simbolis di Gubernuran Sumatera Utara, Kepala Negara mengatakan bahwa dengan selesainya proyek ini maka hubungan telpon antara kota-kota besar di Pulau Sumatera, Jawa dan Bali menjadi semakin lancar. Untuk menandai peresmian Trans Sumatera Microwave itu Presiden telah berbicara melalui telepon dengan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, Gubernur Jawa Timur, Mohammad Noer, dan Gubernur Bali, Sukarmen. (AFR).



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 274-275. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.