1977-09-23 Presiden Soeharto Kunjungi Proyek Rumah Murah Untuk Pengawal Presiden dan Anak Yatim Timor Timur

Presiden Soeharto Kunjungi Proyek Rumah Murah Untuk Pengawal Presiden dan Anak Yatim Timor Timur[1]

 

JUMAT, 23 SEPTEMBER 1977 Presiden Soeharto hari ini mengadakan kunjungan dan peninjauan ke proyek perumahan murah untuk pengawal Presiden di daerah Kelapa Gading, Jakarta. Peninjauan ini diikuti pula oleh para pengurus Pepabri. Dalam peninjauan itu Presiden mengemukakan bahwa Yayasan Dharmais yang dipimpinnya sendiri telah siap membangun 442 buah rumah di daerah Bekasi yang direncanakan untuk menampung anak-anak yatim-piatu, termasuk anak-anak yatim dari Timor Timur. Pengurusan perumahan tersebut akan ditangani Pepabri, khususnya Warakawuri. Ia mengatakan bahwa biaya makan bagi anak yatim-piatu yang akan ditampung itu nantinya berasal dari Yayasan Dharmais, yakni sebesar Rp150 per anak setiap harinya.

Dijelaskan pula oleh Presiden Soeharto bahwa pembangunan rumah murah ini mempergunakan bahan batu bermis, seperti yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Pembangunan Rumah Kelapa Gading yang disponsorinya. Ia mengatakan bahwa sebuah rumah dapat dibangun dalam tempo empat hari saja. Disamping itu juga dijelaskannya bahwa pusat penelitian inipun telah membantu pembangunan 61 buah rumah tipe T-45S di daerah Cijantung, yang diperuntukkan bagi para anggota Kopasandha, dengan biaya Rp 1,43 juta untuk per unit rumah. Presiden mengatakan bahwa resep pembangunan rumah yang diciptakan oleh pusat penelitiannya itu dapat ditiru oleh perusahaan pembangunan perumahan lain yang membangun rumah murah.

Wakil Ketua DPR Mh. Isnaeni hari ini mengemukakan kepada wartawan bahwa dalam rangka usaha pemantapan stabilitas nasional, periode 1977/1983 sangat penting artinya. Karena itu adalah. wajar jika kepemimpinan nasional Soeharto-Hamengkubowono IX diberi kesempatan untuk meneruskan missi yang telah dipercayakannya kepada mereka selama periode 1971/1977 ini. (AFR).



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 539. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.