1981-08-14 Pernyataan Sikap Indonesia-Malaysia: Kedua Negara Sepakat Konsolidasi Ketahanan Nasional

Pernyataan Sikap Indonesia-Malaysia: Kedua Negara Sepakat Konsolidasi Ketahanan Nasional

 

JUM’AT, 14 AGUSTUS 1981 Pukul 14.00 siang ini PM Mahathir dan Datin Seri Hasmah melakukan kunjungan perpisahan kepada Presiden dan Ibu Soeharto di Istana Merdeka. Kemudian Presiden dan Ibu Soeharto mengantarkan kedua tamu negara itu ke lapangan udara Halim Perdanakusuma. Pesawat yang membawa PM Mahathir dan rombongan meninggalkan landasan pada pukul 15.05.
Sebelum meninggalkan Indonesia, PM Mahathir dan Presiden Soeharto mengeluarkan pernyataan sikap bersama. Kedua pemimpin pemerintahan itu antara lain menyatakan kepuasan mereka atas hubungan kedua negara sekarang ini dan atas adanya kerjasama yang baik di bidang ekonomi, sosial dan budaya serta dalam penanggulangan keamanan di sepanjang perbatasan kedua negara. Hubungan kedua negara dinilai sangat berarti dan bermanfaat bagi rakyat kedua negara.
Kedua pemimpin pemerintahan bersepakat untuk mengadakan konsolidasi ketahanan nasional masing-masing untuk menjawab tantangan politik yang dihadapi kedua negara tersebut di kawasan Asia Tenggara. Mereka juga bersepakat untuk memantapkan dan memelihara identitas ASEAN dan membuat kemajuan ASEAN yang mampu berperan bebas dan positif, demi untuk stabilitas politik dan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. (AFR)

_______________________________

Sumber: Buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 454. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.