1990-08-23 Presiden Soeharto Menerima Kunjungan Kehormatan Ketua Komisi Selatan

Presiden Soeharto Menerima Kunjungan Kehormatan Ketua Komisi Selatan [1]

 

 

KAMIS, 23 AGUSTUS 1990 Pagi ini, pada pukul 09.00, Presiden Soeharto menerima kunjungan kehormatan Julius Nyerere, Ketua Komisi Selatan, di Istana Merdeka. Ia menemui Kepala Negara dalam rangka penyerahan Laporan Komisi Selatan. Laporan tersebut diserahkan Nyerere setengah jam kemudian dalam suatu upacara di Istana Negara. Dalam hal ini Nyerere telah memilih Jakarta sebagai tempat untuk mewakili wilayah Asia bagi pengumuman Laporan Komisi Selatan.

Ketika menerima laporan itu, Presiden mengatakan bahwa adalah sangat penting untuk menumbuhkan komitmen penuh diantara pemerintahan negara-negara berkembang untuk benar-benar mewujudkan kerjasama Selatan-Selatan yang efektif. Demikian pula perlu sekali untuk menimbulkan dan memupuk rasa kesadaran Selatan serta rasa kesetia­kawanan Selatan di negara-negara berkembang, terutama di kalangan pemimpin dan pemuka masyarakat, aparatur pemerintahan, dunia usaha serta cendekiawan.

Dikatakan oleh Kepala Negara bahwa dalam semangat itu, ia telah membentuk sebuah team yang melakukan koordinasi untuk melaksanakan keputusan-keputusan KTT Kelompok 15 yang berlangsung di Kuala Lumpur bulan Juni yang lalu. Team ini diketuai oleh Menteri Koordinator bidang Ekuin dan Pengawasan Pembangunan, dengan Menteri Luar Negeri sebagai Wakil Ketuanya. (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 335. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.