1991-01-20 Rakor Pertanian, Presiden Soeharto Menegaskan Pelarangan Peternakan Sapi Potong oleh Pengusaha Besar

Rakor Pertanian, Presiden Soeharto Menegaskan Pelarangan Peternakan Sapi Potong oleh Pengusaha Besar  [1]

 

MINGGU, 20 JANUARI  1991 Pada jam 08.30 pagi ini, di Tapos, Presiden Soeharto menerima para peserta Rapat Koordinasi Peternakan Departemen Pertanian. Dalam pertemuan yang dihadiri sekitar 150 peserta rapat koordinasi itu, Presiden didampingi Menteri Pertanian Wardoyo, Menteri Koperasi Bustanil Arifin, serta Gubernur Jawa Barat, Yogie SM.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara kembali menegaskan bahwa pemerintah tetap melarang pengusaha besar mengembangkan peternakan sapi potong yang merupakan porsi para petani kecil. Jika sektor ini dilaksanakan oleh perusahaan besar, maka akan hilang peluang bagi petani kecil.

Presiden mengatakan bahwa pemerintah memutuskan bahwa bidang peternakan tidak boleh meninggalkan masyarakat. Pemerintah hanya mengizinkan pengusaha besar menghasilkan bibit yang kemudian diserahkan kepada rakyat, sehingga tidak sampai merampas apa yang bisa dikerjakan rakyat kecil. (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 393. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.