1991-03-03 Presiden Soeharto Membuka Konferensi Internasional Negara-Negara Asean dan Perekonomian Dunia

Presiden Soeharto Membuka Konferensi Internasional Negara-Negara Asean dan Perekonomian Dunia [1]

 

MINGGU, 3 MARET 1991 Pukul 19.00 malam ini, Presiden Soeharto membuka Konferensi Internasional mengenai Negara-negara ASEAN dan Perekonomian Dunia di Hotel Nusa Indah, Bali. Pertemuan ini antara lain dihadiri oleh PM Mahathir Mohammad, PM Goh Chok Tong, bekas Menteri Luar Negeri Henry Kissinger, dan Ketua Komite Jepang-Indonesia, Michio Watanabe, serta sejumlah tokoh dari berbagai negara.

Dalam pidato pembukaannya, Kepala Negara mengatakan bahwa untuk lebih memanfaatkan peluang yang timbul, dan menangkal dampak negatif perkembangan ekonomi dunia secara bersama-sama, kekuatan dan ketangguhan ASEAN perlu didayagunakan dengan sebaik-baiknya.

Untuk itu kita perlu meningkatkan kerjasama intra-ASEAN dan antara ASEAN dengan mitra-mitra lainnya. Dengan itu diharapkan tercipta kerjasama yang konstruktif serta lebih tepat dan menarik dalam berbagai kegiatan, termasuk perdagangan, investasi, industrialisasi, alih teknologi dan pengembangan sumber daya manusia.

Usaha untuk memperkuat kerjasama yang telah ada perlu ditingkatkan, sambil memikirkan cara-cara pendekatan baru dan mencari teroboson-terobosan baru dalam menciptakan kerjasama ekonomi intra-ASEAN yang lebih berarti dan efektif. (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 407-408. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.