1991-03-14 Presiden Soeharto Meresmikan 21 Buah Pabrik Kimia Dasar dan Sebuah Kawasan Industri

Presiden Soeharto Meresmikan 21 Buah Pabrik Kimia Dasar dan Sebuah Kawasan Industri [1]

 

KAMIS, 14 MARET 1991 Di Cikampek, Jawa Barat, pada jam 08.30 pagi ini Presiden Soeharto meresmikan 21 buah pabrik kelompok industri kimia dasar dan sebuah kawasan industri. Sementara pabrik-pabrik tersebut tersebut tersebar di berbagai daerah, kawasan industri yang diresmikan itu terletak di Cikampek.

Dengan selesainya pabrik-pabrik ini, Indonesia dapat mempercepat langkah dalam membangun industri petrokimia hulu yang mengolah langsung sumber daya alam migas, seperti Pusat Olefin dan Pusat Aromatik.

Dalam sambutannya, Presiden menyatakan sungguh berbesar hati, karena tahun-tahun terakhir ini industri kita berkembang sangat pesat. Kemajuan-kemajuan pesat yang berhasil kita capai itu, menunjukkan tepatnya langkah-langkah deregulasi dan debirokratisasi yang telah kita lakukan.

Inti dari deregulasi dan debirokratisasi adalah memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi bangkitnya prakarsa, kreativitas dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Kemajuan yang kita capai dalam pengembangan industri itu juga membuktikan bahwa jika mendapat peluang dan kesempatan, bangsa kita tidak kalah dari bangsa-bangsa lain dalam membangun industri. (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 410. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.