1992-02-05 Sidang Kabinet, Pemerintah Menghentikan Impor Daging Dari India

Sidang Kabinet, Pemerintah Menghentikan Impor Daging Dari India [1]

 

RABU, 5 FEBRUARI 1992 Pemerintah hari ini memutuskan untuk menghentikan impor daging dari India, karena negara itu masih belum bebas dari penyakit menular.

Keputusan itu diambil didalam sidang kabinet terbatas bidang Ekuin yang dipimpin oleh Presiden Soeharto hari ini di Bina Graha.

Berkenaan dengan masalah tersebut, Kepala Negara mengata­kan bahwa kasus impor daging ini harus dijadikan pelajaran untuk meningkatkan kehati-hatian, karena kalau daging itu membawa penyakit maka bisa menurunkan populasi ternak kita.

Dalam sidang yang berlangsung sekitar 2,5 jam itu telah dibahas berbagai aspek perkembangan ekonomi nasional. Dari pembahasan itu diketahui bahwa tingkat inflasi selama bulan Januari adalah sebesar 0,44%, sehingga angka inflasi selama tahun anggaran 1991/1992 mencapai 8,87%.

Mengenai nilai ekspor tercatat bahwa dalam bulan November 1991 ekspor Indonesia berjumlah US$2,3 miliar, dibanding dengan impor yang sebesar US$2,1 miliar. Jadi terdapat surplus didalam neraca perdagangan kita sebanyak US$240 juta. (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 513. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.