1992-06-12 Di Rio de Janeiro, Presiden Soeharto Menerima Kunjungan Beberapa Kepala Negara

Di Rio de Janeiro, Presiden Soeharto Menerima Kunjungan Beberapa Kepala Negara [1]

 

JUM’AT, 12 JUNI 1992 Siang ini, waktu setempat, Presiden Soeharto mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Belanda, Ruud Lubbers, di Rio de Janeiro. Selain PM Lubbers, siang ini Presiden juga menerima kunjungan Perdana Menteri India, Narashima Rao, dan Julius Nyerere.

Kepada PM Lubbers, Presiden menjelaskan mengenai prinsip Indonesia untuk hidup berdampingan secara damai dan bekerjasama berdasarkan saling menghormati dan tak mencampuri urusan dalam negeri masing-masing. Dalam hubungan itu Presiden menekankan arti penting hubungan Indonesia-Belanda.

Ditegaskannya bahwa kebijaksanaan Indonesia untuk menolak bantuan ekonomi pemerintah Belanda dilakukan Indonesia justru untuk meningkatkan hubungan jangka panjang. Kepala Negara mengatakan bahwa ganjalan yang ada perlu dihilangkan untuk menjalin kerjasama dan hubungan yang lebih langgeng.

Dalam pembicaraan itu PM van Lubbers mengatakan bahwa ia dapat memahami kebijaksanaan pemerintah Indonesia. Ia juga menyatakan tekadnya untuk membuka lembaran baru dalam hubungan Indonesia­ Belanda dan akan “lebih memandang ke depan daripada ke belakang”.  (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 550-552. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.