1992-11-03 Presiden Soeharto Meresmikan Perluasan Pabrik Semen Cibinong

Presiden Soeharto Meresmikan Perluasan Pabrik Semen Cibinong [1]

 

SELASA, 3 NOVEMBER 1992 Kepala Negara hari ini meresmikan perluasan pabrik Semen Cibinong, dan sekaligus pula meresmikan secara simbolis sembilan pabrik lain yang termasuk dalam kelompok industri kimia dasar.

Pada kesempatan itu, dalam amanatnya, Presiden meminta para pengusaha untuk mengelola secara bertanggungjawab pabrik yang dibangun dengan kredit bank, karena pinjaman dari sektor perbankan itu sebenarnya dihimpun dari masyarakat.

Jadi, demikian ditegaskan Kepala Negara, secara tidak langsung pabrik ini dibiayai dengan dana yang dihimpun dari masyarakat.

Kepala Negara menyampaikan harapannya agar pemilik pabrik mengembangkan suasana kerja harmonis dengan para pekerja sehingga mendorong karyawan bekerja dengan rasa tenteram.

Pemerintah akan terus mendorong kreativitas masyarakat dalam bidang ekonomi agar ekonomi Indonesia mampu bersaing dengan negara lain.

Ekonomi yang tangguh adalah ekonomi yang tersusun dari industri-industri yang tangguh yaitu industri yang kekuatannya berlandaskan pada produktivitas dan efisiensi yang tinggi, yang mampu bersaing dengan barang hasil industri negara lain. (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 593-594. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.