DJANGAN BERTINDAK SENDIRI2

DJANGAN BERTINDAK SENDIRI2

1000 Karung Beras, 20 Karung Gula, 1000 Zak Semen, Berpeti2 Seragam Hidjau Dalam Gudang CC PKI Di Djatinegara [1]

Djakarta,BeritaYudha

Berkat ketrampilan petugas AKRI Komres VII Djatinegara, hari Senin jl. dalam gudang CC PKI di Djatinegara telah ditemukan 20 karung gula pasir, 100 karung beras, 1000 karung/zat semen, berpeti2 seragam hidjau dalam keadaan sudah djadi serta beberapa kendaraan bermotor. Disamping itu telah ditemukan berbagai dokumen penting dan alat2 mesin tjetak jang masih utuh dalam peti2nja dari luar negeri.

Komandan Komres VII Komisaris Polisi Drs. Ngadino mendjelaskan kepada pers, bahwa alat2 mesin tjetak jang masih utuh itu diperuntukkan bagi surat kabar PKI “Harian Rakjat” di Djakarta. Harga peralatan ini ditaksir meliputi berberapa miljard rupiah dan djika dipasang lengkap, maka kapasitasnja akan besar sekali sehingga bisa melebihi kemampuan Pertjetakan Negara.

Diterangkan selandjutnja bahwa dalam razzia jang dilantjarkan hari Selasa di Kampung Melaju, oleh anggota2 AKRI Komresnja telah berhasil disita beberapa mesin tik, madjalah2 dari Peking dan kl. 100 butir peluru karaben. Sedangkan 72 orang aktivis PKI, Pemuda Rakjat, Gerwani, SBKA, Sobsi dll. jang diduga keras tersangkut dalam “Gerakan 30 September” telah berhasil diringkus dalam rangka razzia dan penumpasan tsb.

Kom Pol Drs Ngadino selandjutnja berpesan agar hendaknja Rakjat tidak bertindak sendiri2, tetapi sebaiknja melaporkan kepada AKRI dan ABRI jang akan menjelesaikan setiap penumpasan gerakan itu dgn tegas sampai bersih ke-akar2nja. (DTS)

Sumber: BERITA YUDHA (15/10/1965)

[1]Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari buku “Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam  Berita”, Buku I (1965-1967), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, Hal 118.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.