SAPTA MARGA DAN SUMPAH PRADJURIT ADALAH PENJELAMAT FUNGSI ABRI

Menko Hankam, KASAB Lantik Anggota2 Pandjirev:

SAPTA MARGA DAN SUMPAH PRADJURIT ADALAH PENJELAMAT FUNGSI ABRI [1]

 

Djakarta, Angkatan Bersendjata

MENKO HANKAM/KASAB/Wapangsar KOTI Djenderal Dr. A.H. Nasution menegaskan bahwa tanpa Saptamarga kita akan sekedar pradjurit bajaran atau pradjurit djabatan sadja dan bukan pedjoang Revolusi 1945. Tanpa Sumpah pradjurit kita akan sekedar gerombolan bersendjata jang tak bertanggung djawab jang tak punja disiplin hirarchie dari paling atas kepada paling bawah.

Ditekankan oleh Djenderal Nasution bahwa berSaptamarga dan berSumpah Pradjurit berarti patriot kesatria pradjurit jang Pantjasilais, Manipolis, Sosialis Indonesia, Saptamarga dan Sumpah Pradjurit adalah penjelamat2 fungsi ABRI baik sebagai inti pembina Pertahanan Keamanan Rakjat Semesta, maupun sebagai kekuatan sosial utama dari Revolusi Pantjasila.

Hal ini disampaikan oleh Menko Hankam/KASAB/Wapangsar KOTI dalam amanatnja selaku Inspektur Upatjara melantik Panitia Pembina Djiwa Revolusi dalam lingkungan Komp. Pertahanan Keamanan (Pan. Djirev Hankam) jang diketuai oleh Menko Hubra Djenderal Dr. H. Roeslan Abdulgani bertempat di Aula SAB Kamis pagi.

Untuk Kekompakan Mental Odeologis ABRI

Ditegaskan oleh Djenderal Nasution dalam amanat pelantikannja bahwa pembentukan Pandjirev Hankam, ini adalah pelaksanaan suatu Instruksi Panglima Tertinggi untuk kekompakan ABRI terutama mental ideologis jang mengharuskan ditanamkannja satu doktrin Revolusi jg dipegang oleh ABRI dan tugas ini telah diberikan oleh Panglima Tertinggi kepada Ketua Panitia Pembina Djiwa Revolusi Djenderal Dr. Roeslan Abdulgani jang bersamanja telah kita susun Pandjirev untuk Hankam dan ABRI jang beranggotakan wakil2 dari AD, AL, AU, AK, Hansip/Hanra, L VRI, Purnawirawan dan organisasi isteri-isteri ABRI.

Tugasnja bukan sadja menentukan isi jang SATU SAMA dari indoktrinasi, tapi pula mengatur organisasi, usaha dan pelaksana2nja untuk tiap organ ABRI Hankam pada tiap eselon dari setiap unsurnja.

Dalam menudju kepada pelaksana2 inti, dikatakan oleh Djenderal Nasution bahwa kelak akan diadakan djurusan politik di Lembaga Pertahanan Nasional jang sementara akan dimuat dalam satu djurusan Poleksos disamping djurusan militer jang ada.

Susun Pandjirev Hankam

Susunan Panitia Pembina Djiwa Revolusi dalam Lingkungan Komp. Hankam adalah sbb: Ketua : Menko Hubra Djenderal TNI Dr. Roeslan Abdulgani, Wk. Ketua De-III-KASAB Majdjen TNI S. Sokowati. (DTS)

Sumber: ANGKATAN BERSENDJATA (11/02/1966)

 

[1]Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari buku “Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam  Berita”, Buku I (1965-1967), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, hal. 247-248.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.