1990-11-18 Presiden Soeharto Meninjau Zona Ekonomi Khusus Provinsi Guangdong

Presiden Soeharto Meninjau Zona Ekonomi Khusus Provinsi Guangdong [1]

 

MINGGU, 18 NOVEMBER 1990 Setelah menumpang kereta api selama hampir dua jam, siang ini Presiden Soeharto dan rombongan tiba di Shen Zhen dari Guangzhou.

Di Shen Zhen, Presiden meninjau zona ekonomi khusus yang terletak di Provinsi Guangdong yang berbatasan dengan Hongkong. Zona ekonomi khusus yang diresmikan pada tahun 1979 itu merupakan salah satu pintu gerbang utama daratan Cina untuk perdagangan internasional melalui Hongkong.

Dalam peninjauan ini Presiden mendapat penjelasan mengenai organisasi, manajemen, dan hasil yang dicapai oleh zona khusus ini.

Diinformasikan kepada Presiden bahwa investasi asing di zona ini bisa bersifat 100% asing tanpa harus berpatungan dengan perusahaan nasional.

Disamping tidak ada pembatasan jangka waktu operasi usaha, keringanan pajak, juga ada fasilitas penggunaan tanah selama 50 tahun dengan kemungkinan untuk memperbaharui hak pemakaiannya, jika pemerintah tidak memerlukan tanah itu. (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 364. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.