MAJDJEN S. SOKOWATI SEGERA ADAKAN S.U. MPRS UNTUK BAHAS PEL. NAWAKSARA

MAJDJEN S. SOKOWATI  SEGERA ADAKAN S.U. MPRS UNTUK BAHAS PEL. NAWAKSARA [1]

 

Djakarta, Angkatan Bersendjata

Dalam menanggapi pidato pelengkapan Nawaksara jang diumumkan tanggal 10 Djanuari 1967 djam 19.20 di Istana oleh Presiden, Maj. Djen. S. Sokowati selaku Ketua Umum Sekber. Golkar. Pusat mendjelaskan sbb.:

  1. Diandjurkan memberikan kepertjajaan kepada MPRS, sebaiknja segala sesuatunja segera adakan musjawarah pembahasan oleh pimpinan dan Badan Pekerdja Harian MPRS, sesuai dengan keputusan MPRS No.V dari sidang umum ke IV:
  2. Mendesak kepada pimpinan MPRS agar segara mengadakan sidang umum MPRS.
  3. Mengandjurkan kepada ABRI supaja dalam menghadapi situasi gawat ini tetap mempertahankan kekompakan dengan mempertinggi kewaspadaan nasional terhadap segala kemungkinan jang terdjadi, sesuai dengan pernjataan Ke-empat Panglima ABRI pada tanggal 21 Desember 1966, bersama2 Menko Hankam Djendral SOEHARTO.
  4. Seluruh slagorde Orde Baru hendaknja tetap dalam posisi siap siaga bersama2 ABRI menghadapi situasi dengan penuh kewaspadaan untuk menghindari terdjadinja bentrokan2 physik jang tidak perlu, jang hanja akan menguntungkan gerpol Gestapu/PKI, serta sisa-sisa unsur2 kontrev lainnja.
  5. Hendaknja seluruh kekuatan kita dikonsentrasikan untuk mendukung pengemban Supersemar serta seluruh ketetapan MPRS dalam sidang umum ke IV didalam mengatasi situasi konflik sekarang ini dan demi suksesnja tugas pokok Kabinet AMPERA.

Demikian Maj. Djen. S. Sokowati. (DTS)

Sumber: ANGKATAN BERSENDJATA (16/01/1967)

[1] Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari buku “Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku I (1965-1967), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, hal. 425.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.