1992-09-25 Presiden Soeharto Menghadiri Pertemuan dengan kalangan Penguasa AS

Presiden Soeharto Menghadiri Pertemuan dengan kalangan Penguasa AS [1]

 

JUM’AT, 25 SEPTEMBER 1992 Sore ini waktu New York, Presiden Soeharto menghadiri pertemuan dengan kalangan pengusaha Amerika Serikat. Pertemuan ini diadakan atas inisiatif US-ASEAN Council, Asia Society dan American-Indonesian Chamber of Commerce. Pada kesempatan itu Kepala Negara mengatakan bahwa tanpa adanya pembagian tanggung-jawab dalam pembangunan antara Utara dan Selatan, maka ekonomi dunia tidak akan bisa keluar dari stagnasi sekarang ini. Kami tidak bisa membayangkan suatu kemitraan global, kecuali kalau kita bertekad untuk membagi secara merata, bukan saja hasil tetapi juga tanggung-jawab pembangunan ekonomi pada tingkat global, kata Presiden.

Kepada para pengusaha Amerika itu, Presiden juga mejelaskan tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dikatakannya bahwa dalam tahun 1980-an, pertumbuhan hanya mencapai rata-rata 5,8%; dalam tiga tahun terakhir tingkat pertumbuhan itu telah meningkat menjadi diatas 7%. Apabila laju pertumbuhan dapat dipertahankan dalam waktu kurang dari satu dasawarsa, maka Indonesia akan menduduki secara mantap posisinya sebagai negara berpenghasilan menengah.

Akhirnya, Presiden mengundang para pengusaha Amerika Serikat untuk menjadi mitra dalam menghadapi tantangan dan menggarap peluang-peluang yang ada. Presiden mengharapkan agar hubungan baik antara Indonesia dan Amerika Serikat dapat terus terpelihara, sehingga dapat lebih berkembang lagi hubungan perdagangan dan ekonomi antara kedua negara maupun hubungan pengusaha dari kedua negara. (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 579-580. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.