TH. 69 PERMULAAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN 5 TH. ANGK. DARAT

TH. 69 PERMULAAN PELAKSANAAN 

PEMBANGUNAN 5 TH. ANGK. DARAT [1]

 

Djakarta, Berita Yudha

Panglima Angkatan Darat Djendral M. Panggabean dalam amanatnja selaku Inspektur upatjara pada serah terima djabatan Direktorat Palad (Peralatan AD) dari Brigdjen. Hadi Sujatno kepada Kolonel Cpl. Soenarto dan ulang tahun ke 17 Palad. Djakarta menerangkan bahwa tahun 1969 oleh AD telah ditetapkan sebagai pelaksanaan Rentjana Pembangunan 5 tahun bagi AD sebagai bagian dari Rentjana Pembangunan 5 tahun Nasional jang djuga akan dimulai pelaksanaannja oleh Kabinet Pembangunan pada tahun 1969.

Dikemukakan, mengingat kedudukan TNI-AD sebagai salah satu potensi nasional di dalam segala persoalan pembangunan nasional, maka pembangunan AD itu harus merupakan bagian jang memberikan support, sokongan, di dalam karya pembangunannja sendiri.

Pangad djuga memintakan, agar pembangunan AD nantinja mendjadi kekuatan teladan di dalam menggerakkan ketertiban bagi kelantjaran pembangunan itu, sehingga merangsang kepertjajaan dan kegairahan potensi2 nasional lainnja didalam pelaksanaan pembangunan nasional jang memerlukan pengerahan seluruh dana dan daja nasional. Dalam kesempatan itu pula oleh Pangad telah disumpah sedjumlah 29 orang perwira pertama baru Palad.

Sementara itu, Brigdjen Hadisujatno jang telah diangkat sebagai Panglima Kodam XI/Tambun Bungai, Kalimantan Tengah pada kesempatan itu telah menjampaikan “Lima Pesan” kepada seluruh warga PALAD.

Pertama    : Bina dan tingkatkan terus kesatuan dan persatuan jang telah ada diantara sesama warga dan keluarga CPL.

Kedua     : Manfaatkanlah sebaik2nja keadaan positip jg jang telah ditjapai didalam usaha meningkatkan      kesedjahteraan di lingkungan kita.

Ketiga        : Memperbesar support atas kebidjaksanaan Pimpinan AD dalam bidang logistik, terutama jang termasuk peranan untuk dapatnja dipertahankan terus usia pakai atau life-time daripada ALPAL dan alat-peralatan AD.

Kempat  : Memperkuat campaign HARTJEGAH agar usaha kearah ini dapat terdjamin dan mendjamin akan suksesnja tugas2 kita.

Kelima    : Djadikanlah potensi dan fasilitas jang ada setjara berdaja guna didalam mensukseskan dan mengamankan Program Pantja-Krida.

Kabinet Pembangunan dibawah pimpinan Presiden Djenderal TNI Soeharto untuk maksud tersebut kita harus:

Satu         : Sempurnakan konsolidasi organisasi dan administrasi setjara terus-menerus di dlm rangka meningkatkan Dwi Cakti Bhakti jg mendjadi mission kita bersama.

Dua          : Tetap disempurnakan sikap mental pribadi dari pada kita masing2 sikap mental untuk mengabdi kepada kepentingan Nusa & Bangsa jang didjiwai oleh Pantjasila, UUD ’45. Sumpah Pradjurit, Sapta Marga dan Tri Ubaja Sakti. (DTS)

Sumber: BERITA YUDHA (11/07/1968)

 

[1] Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari buku “Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku II (1968-1971), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, hal. 144-145.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.