PROGRAM PERDJUANGAN PARKINDO

PROGRAM PERDJUANGAN PARKINDO [1]

 

Djakarta, Sinar Harapan

Partai Kristen Indonesia (parkindo) mengusahakan terbentukja Pemerintahan jang akan mewudjudkan dengan segera pemberian otonomi jang se-luasnja kepada daerah. Dengan tidak mengabaikan faktor pokok negara kesatuan RI. Demikian antara lain program perdjuangan Parkindo dalam Pemilu jang disampaikan dalam konperensi pers Djumat siang di Gedung PP Parkindo Matraman.

Dibidang luar negeri Parkindo membuka tersedianja prospek kerdjasama jang didasarkan atas itikad baik bersama dengan negara2 jang belum mempunjai hubungan diplomatik dengan Indonesia termasuk RRT, dan turut mendorong negara tsb. untuk masuk dalam lingkungan PBR!

Parkindo dalam Demokrasi hukum memperdjuangkan dengan semaksimal mungkin berlakunja prinsip semua orang mempunjai kedudukan jang sama dimuka dan didalam hukum.

Tentang politik pemerintahan mengusahakan terbentuknja pemerintah jang mampu mendidik warganegara sebagai warganegara jang bertanggung djawab. Melalui mobilisasi lembaga2 pendidikan dari paling rendah sampai ketingkat universitair sebagai media pendidikan politik. Disamping itu memperdjuangkan “sequal partnership” antara ABRI, Golkar dan Parpol selaku sarana2 demokrasi dalam membawa kehidupan masjarakat jg baik.

Penempatan dan peningkatan mutu pedjabat agar disesuaikan dengan usaha pembangunan. Hal inipun diharapkan oleh Sabam Sirait Sekdjen Parkindo untuk diambil Golkar dalam 5 sampai 10 tahun degolkarisasi.

Pimpinan Parkindo jang hadir dalam konperensi pers tsb. A. Wenas Ketua DPP Parkindo Sabam Sirait Sekdjen, Sugaib dan bendahara V Paath (A-l). (DTS)

Sumber: SINAR HARAPAN (30/04/1971)

[1] Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari buku “Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku II (1968-1971), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, hal. 711.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.