CHINA DUKUNG DRAF PAKTA PERDAGANGAN BEBAS APEC

CHINA DUKUNG DRAF PAKTA PERDAGANGAN BEBAS APEC[1]

 

Beijing, Antara

Pejabat perdagangan China mendukung draf pakta perdagangan APEC untuk dibahas dalam pertemuan tingkat tinggi Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) bulan ini, tapi penetapan waktunya perlu dipertimbangkan jika akan diangkat.

Draf itu menargetkan waktu tahun 2020 untuk melaksanakan perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik, dan menyerukan kepada 17 negara anggota APEC mulai bekerja untuk menyukseskannya tahun depan, kata pejabat China di Tokyo.

“Draf, yang disusun di bawah pimpinan APEC, Presiden Soeharto, itu sangat positif dalam beberapa aspek,” kata Long Yongto, Asisten Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Ekonomi China di Beijing.

“Kami mendukung isi draf itu,” katanya kepada wartawan. Long mengatakan draf itu kelihatannya menetapkan perbedaan waktu antara negara sudah maju dan negara berkembang dalam menghilangkan hambatan perdagangan.

Long tidak menyebutkan secara rinci, tapi dari Kyodo yang mengutip pejabat pemerintah Jepang melaporkan dalam draf itu ditetapkan untuk negara-negara maju dan negara industri baru batas waktunya tahun 2010, sedangkan negara-negara berkembang 2020.

Beijing beberapa waktu lalu menolak penetapan waktu itu. Pejabat Jepang itu mengatakan, Jepang, yang menjadi pendukung perdagangan Asia Pasifik, pada prinsipnya akan menerima rencana APEC, kata Kyodo hari Karnis.

Akan tetapi pejabat China itu telah menekankan bahwa persetujuan yang dibuat APEC harus melalui konsensus, dan mengisyaratkan bahwa pada masa mendatang persetujuan draf itu akan diperlukan. APEC akan memutuskan mengenai usulan perdagangan bebas pada pertemuan puncak di Bogor, 15 November. Pertemuan puncak itu akan didahului oleh pertemuan-pertemuan antar-menteri dan pejabat lainnya. Kelompok APEC terdiri atas Australia, Brunei, Kanada, China, Hongkong, Jepang, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Pilipina, Singapura, Taiwan,Thailand danAmerika Serikat. Chili akan bergabung bulan ini. (Uu .EU07/ 3/11/94 23:41/RU6/4/11/94 00:20)

Sumber:ANTARA (03/11/1994)

_________________

[1] Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari Buku “Presiden Ke II RI Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku XVI (1994), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, hal 410-411

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.