CALON DIRJEN WTO DARI ITALIA TEMUI PRESIDEN SOEHARTO

CALON DIRJEN WTO DARI ITALIA TEMUI PRESIDEN SOEHARTO[1]

 

Jakarta, Antara

Calon Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Intemasional (WTO) dari Italia, Renato Rugeiro, hari Kamis menemui Presiden Soeharto di Bina Graha Kamis untuk minta dukungan. Seusai menemui Kepala Negara, Rugeiro mengatakan kepada pers bahwa alasannya untuk mencalonkan diri adalah karena ia telah cukup lama berkecimpung dalam masalah-masalah perdagangan internasional. Mantan Menteri Perdagangan Italia itu, yang diantar Dirjen HELN Departemen Luar Negeri Wisber Loeis, mengatakan ia pernah bertugas di Masyarakat Eropa (ME) selama sembilan tahun. Ia juga pernah menjadi staf presiden Italia dalam tujuh kali KIT Kelompok-7 (G7). Ketika ditanya sudah berapa banyak negara yang mendukungnya, secara diplomatis ia berkata keputusan tentang pengangkatan Dirjen WTO ini bukanlah berdasarkan sistem voting melainkan konsensus.

“Banyak surat kabar yang mengatakan saya adalah calon yang paling banyak mendapat dukungan. Namun, saya tidak bisa bicara lebih banyak lagi,”katanya sambil tersenyum.

Kedua calon lainnya adalah Presiden Meksiko Salinas dan Menteri Perdagangan Korea Selatan Kim Chul-sung. WTO, yang akan mulai berfungsi pada 1 Januari 1995, dibentuk untuk menggantikan peranan GATT. (T.EU02/EU07/ 3/11/94 22:38/RU6/23:34)

Sumber: ANTARA (03/11/1994)

_____________

[1] Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari Buku “Presiden Ke II RI Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku XVI (1994), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, hal 411-411.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.