PRESIDEN: TERUS TINGKATKAN KEMAHIRAN PROFESIONAL PRAJURIT

PRESIDEN: TERUS TINGKATKAN KEMAHIRAN PROFESIONAPRAJURIT[1]

Jakarta, Antara

Presiden Soeharto mengatakan, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) hendaknya lebih menin gkatkan lagi perannya di masa datang untuk terus mampu memelihara kelangsungan tugas lembaga kepresidenan yang sangat komplek dengan sebaik-baiknya.

“Tugas itu harus mampu dilaksanakan dengan terus meningkatkan kemahiran profesional prajurit”, kata Kepala Negara dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakasad Letjen TNI FX Soejasmin pada acara ramah tamah HUT ke-29 Paspamres di Jakarta, Jumat.

Dikatakan, peningkatan kemahiran profesional prajurit itu dimaksudkan agar lembaga kepresidanan dapat melaksanakan tugas pemerintahan dengan berhasil, baik di dalam negeri maupun dalam memelihara hubungan antar negara.

Presiden mengatakan, ada dua tugas pokok yang diemban oleh pasukan ini. Pertama, melaksanakan pengamanan fisik terhadap Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) beserta keluarganya serta melakukan tugas-tugas protokoler pada upacara kenegaraan.

“Selain itu, Paspamres juga melakukan pengamanan terhadap tamu-tamu negara setingkat kepala negara dan kepala pemerintahan yang merupakan keharusan, karena merupakan bagian dari pelaksanaan salah satu tujuan nasional seperti yang diamanatkan UUD 1945, dalam memelihara hubungan internasional ,”katanya.

Presiden pada kesempatan itu juga mengucapkan selamat atas diresmikannya Pataka (lambang kesatuan) bagi Paspamres untuk pertama kalinya. Sebelumnya satuan ini belum memiliki lambang kesatuan sendiri. Pataka Paspamres berbentuk seperti tameng dengan gambar burung garuda di dalamnya yang dilingkupi oleh padi dan kapas. Di bawahnya tertulis motto “Setia Waspada”.

Arti Motto

Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab), Jenderal TNI Feisal Tanjung, yang bertindak selaku Inspektur Upacara mengatakan, motto “Setia Waspada” yang tercantum dalam pataka itu merniliki arti khusus, yaitu prajurit Pasparnres senantiasa setia kepada tugas, Pancasila dan Sapta Marga, bangsa dan negara.

”Disamping itujuga senantiasa memelihara tingkat kewaspadaan yang tinggi dalam pelaksanaan tugas-tugasnya ,”katajenderal berbintang empat itu.

Oleh karenanya, keberadaan pataka yang baru diresmikan itu perlu dirnanfaatkan untuk membakar semangat, memantapkan tekad dan mengokohkan jiwa korsa warga Pasmpares. HUT Paspamres itu dirneriahkan peragaan kolone senapan dan beladiri militer dan antara lain disaksikan mantan Koman dan Paspamres (dahulu Satgas Pomad) Letjen (Purn) Norman Sasono, Pangarmabar Laksda TNI Widodo AS, Pangkohanudnas Marsma TNI Irawan Saleh, Dan Korps Marinir Mayjen TNI Mar Djoko Pramono dan Pangkostrad Mayjen TNI Tarub. (T-PU.23/C/DN.Ol/24/03/95   12:57/re3)

Sumber:ANTARA(24/0311995)

____________________

[1] Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari Buku “Presiden Ke II RI Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku XVII (1995), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, hal 419-420.

 

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.