1972-02-15 Presiden Soeharto Tinjau lnternational Rice Research Institute

Presiden Soeharto Tinjau lnternational Rice Research Institute [1]

 SELASA, 15 FEBRUARI 1972, Presiden Soeharto beserta rombongan dengan menggunakan enam pesawat helikopter milik AU Filipina mengadakan kunjungan ke Los Banos yang terletak kurang lebih 90 kilometer dari Manila. Di kota ini Presiden Soeharto dan rombongan meninjau lnternational Rice Research Institute (IRRI). Di lembaga riset ini Presiden Soeharto menyerahkan beberapa kilogram hasil panen dari bibit padi Pelita I dan Pelita II untuk diadakan penelitian atas kualitasnya, dan sampai dimana kecocokannya untuk konsumsi rakyat Indonesia.

Sekembali dari Los Banos, setelah beristirahat sejenak, Presiden dan Ibu Soeharto mengadakan jamuan makan siang untuk menghormati tuan rumah Presiden dan Nyonya Marcos.

Setelah jamuan makan itu Presiden Soeharto mengadakan konferensi pers di Istana Malacanang. Dalam konferensi pers ini, Presiden antara lain mengatakan bahwa ia sangat yakin bahwa bangsa-bangsa Asia dapat saling membantu dan bekerjasama untuk meningkatkan ketahanan nasionalnya, tanpa mengikatkan diri pada sesuatu bentuk pakta militer. Sebab, kita dapat menggantungkan diri pada ketahanan nasional kita masing-masing.

Pukul 16.00 sore waktu setempat, Presiden dan lbu Tien Soeharto beserta rombongan meninggalkan Istana Malacanang menuju lapangan terbang dengan diantar oleh Presiden dan Nyonya Imelda Marcos. Tepat pada jam 17.00, Presiden Soeharto beserta rombongan meninggalkan Filipina menuju tanah air. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973”, hal 418. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.