1973-11-03 Presiden Soeharto Menerima Surat Kepercayaan Dubes Irak dan Belgia

Presiden Soeharto Menerima Surat Kepercayaan Dubes Irak dan Belgia[1]

SABTU, 3 NOVEMBER 1973 Secara berturut-turut, pada pukui 09.00 dan 10.00 pagi ini, Presiden Soeharto menerima surat-surat kepercayaan dari dua duta besar negara asing di Istana Merdeka. Kedua duta besar baru itu adalah Duta Besar Kerajaan Belgia, Josef L Lebacq, dan Duta Besar Republik  Irak, Shukri Sabri Al-Hadithy.

Memberikan balasan atas pidato Duta Besar Lebacq, Kepala Negara mengatakan bahwa antara Belgia dan Indonesia terdapat suatu hubungan akrab yang dalam beberapa tahun terakhir ini telah lebih dirapatkan lagi dengan berbagai macam perjanjian antara kedua negara kita. Presiden juga menyatakan kesepakatannya dengan apa yang dikatakan Duta Besar Lebacq bahwa kedua negara perlu memberikan daya hidup baru pada beberapa perjanjian yang telah ditandatangani, yaitu dalam usaha untuk lebih merapatkan kerjasama serta membina saling pengertian yang lebih mendalam antara kedua bangsa.

Sementara itu didalam menyambut pidato Duta Besar Al-Hadithy, Presiden Soeharto telah menjelaskan tentang prinsip bebas-aktif dari politik luar negeri Indonesia. Dikatakannya bahwa dengan prinsip yang demikian Indonesia menentang segala bentuk penjajahan serta menghormati kedaulatan·penuh dan kemerdekaan masing-masing bangsa, karena Indonesia memahami benar apa arti kemerdekaan bagi suatu bangsa. Ditegaskannya pula bahwa dengan kemajuan, kemakmuran dan keadilan, dengan ketahanan nasional yang kuat, dan dengan politik luar negeri Yang bebas dan aktif itu, Indonesia akan dapat memberikan sumbangan yang lebih besar terhadap perdamaian dunia yang sejati tanpa segala bentuk penjajahan dan penindasan. (WNR).



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 63. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.