1975-02-03 Buka Rakor Gubernur, Presiden Soeharto: Perlu Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Untuk Membangun

Buka Rakor Gubernur, Presiden Soeharto: Perlu Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Untuk Membangun [1]

SENIN, 3 FEBRUARI 1975, Bertempat di Istana Negara, Presiden Soeharto pagi ini membuka rapat koordinasi gubernur seluruh Indonesia. Dalam amanatnya Presiden mengharapkan agar para gubernur dapat benar-benar menggunakan segala dana pembangunan daerah yang tersedia demi kemanfaatan yang sebesar-besamya bagi kepentingan masyarakat dan daerahnya. Lebih jauh Kepala Negara mengharapkan bahwa, dalam rangka pelaksanaan Repelita II tahun pertama 1975/1976, disamping mempersiapkan rencana-rencana pelaksanaan dari tahun yang bersangkutan, para gubernur juga melakukan perencanaan proyek-proyek jangka panjang.

Kepala Negara juga mengingatkan para gubernur bahwa dalam melaksanakan pembangunan, hendaknya mereka membangkitkan kesadaran rakyat, sehingga rakyat mampu memperbaiki nasibnya. Hal ini karena pembangunan tidak lain adalah untuk kepentingan rakyat. Keikutsertaan rakyat dalam pembangunan haruslah atas dasar kesadarannya sendiri, bukan karena rasa takut atau paksaan. Selanjutnya Presiden juga meminta para gubernur untuk mengembangkan kepemimpinan yang dapat menampung keinginan-keinginan rakyat dan menyalurkannya secara terarah. Hanya dengan demikian akan dapat tertanam stabilitas nasional yang makin mantap, karena didukung oleh pengertian dan kesadaran rakyat. Demikian Kepala Negara. (WNR)


[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 209. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.