1977-05-21 Presiden Soeharto Gembira, Swiss Dukung Dialog Utara-Selatan

Presiden Soeharto Gembira, Swiss Dukung Dialog Utara-Selatan [1]

 

SABTU, 21 MEI 1977 Presiden Soeharto pagi ini secara berturut-turut menerima surat-surat kepercayaan dari Duta Besar Konfederasi Swiss, Roland Wermuth, dan Duta Besar Republik Nigeria, Ernest Eastman. Dalam pidato balasannya atas pidato Duta Besar Wermuth, Presiden Soeharto mengatakan bahwa ia sungguh-sungguh menghargai kebijaksanaan pemerintahan Konfederasi Swiss yang mementingkan hubungan bilateral langsung dengan rakyat-rakyat dari daerah selatan serta memberikan penghargaan khusus terhadap Indonesia dan negara-negara ASEAN. Ia juga gembira mendengar dari Duta Besar Wermuth bahwa Konfederasi Swiss menyokong sekuat tenaga dialog Utara-Selatan. Presiden Soeharto menegaskan mengenai dialog tersebut dengan mengatakan:

“Dialog ini memang sangat penting dan mempunyai tujuan yang luhur, ialah membuat adil pembagian kekayaan dan kesejahteraan antara negara-negara yang berbeda tingkat kemajuan perkembangannya. Karenanya Indonesia bersama-sama dengan negara-negara lainnya juga turut serta mengusahakan agar dialog itu berhasil.” (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 489-490. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.