1977-07-18 Buka Konferensi HIP Pasifik, Presiden Soeharto: Tidak Ada Gunanya Teknologi Tinggi, Jika Jutaan Rakyat Menganggur

Buka Konferensi HIP Pasifik, Presiden Soeharto: Tidak Ada Gunanya Teknologi Tinggi, Jika Jutaan Rakyat Menganggur[1]

SENIN, 18 JULI 1977 Negara-negara yang sedang membangun memerlukan adanya teknologi yang dapat menciptakan teknik-teknik produksi dimana efisiensi dan penggunaan tenaga kerja berada dalam keseimbangan yang optimal. Demikian dikemukakan Kepala Negara hari ini dalam sambutannya ketika membuka Konperensi Sela ke-3 Himpunan Ilmu Pengetahuan Pasifik di Denpasar, Bali. Selanjutnya Presiden mengatakan bahwa “tidak ada gunanya kita menerapkan teknologi yang tinggi apabila jutaan rakyat menganggur, tanpa pekerjaan dan tanpa penghasilan, lebih-lebih tanpa harga diri.” Oleh karena itu, dalam mengimpor teknologi modem dari negara maju, tidak perlu lengkap keseluruhan komponennya karena beberapa diantaranya dapat dan harus disediakan sendiri oleh bangsa yang bersangkutan. Demikian Presiden. (AFR).



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978“, hal 513. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin, diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.