1978-02-06 Buka Raker Gubernur/Bupati/Walikota, Presiden Soeharto: Tanggung Jawab Rektor Tegakkan Kebebasan Mimbar Akademik

Buka Raker Gubernur/Bupati/Walikota, Presiden Soeharto: Tanggung Jawab Rektor Tegakkan Kebebasan Mimbar Akademik [1]

SENIN, 6 FEBRUARI 1978 Presiden Soeharto hari ini di Istana Negara membuka rapat kerja gubernur dan bupati/walikota kepala daerah seluruh Indonesia. Dalam amanatnya ia menghimbau para gubernur dan bupati/ walikota untuk mengajak dan menggerakkan rakyat guna mensukseskan pelaksanaan program-program pembangunan demi kemajuan, kemakmuran dan pemerataan hasil-hasilnya yang langsung dirasakan oleh rakyat banyak karena pembangunan ini memang untuk rakyat banyak itu. Kepala Negara juga menjelaskan bahwa. pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi bukanlah pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat. Presiden menegaskan bahwa tanggungjawab para rektor dan pemuka-pemuka pendidikan tinggi untuk menegakkan kembali kebebasan mimbar akademis yang benar dan melindungi kampus dari penyalahgunaan. Untuk itu para rektor dan pimpinan unversitas harus terus melakukan mawas diri untuk memantapkan kehidupan kampus yang berkebebasan mimbar dengan Tri Dharmanya untuk kemajuan seluruh bangsa ini. Demikian Presiden. (AFR)

_________________

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 598-599. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.