1978-03-04 Resmikan Gedung BKKBN, Presiden Soeharto: Penduduk Potensi Pembangunan

Resmikan Gedung BKKBN, Presiden Soeharto: Penduduk Potensi Pembangunan[1]

SABTU, 4 MARET 1978, Presiden pagi ini meresmikan gedung BKKBN di Jalan MT Harjono, Jakarta. Pada kesempatan itu Kepala Negara mengatakan bahwa program keluarga berencana yang mempunyai sasaran mengendalikan pertumbuhan penduduk tidaklah dapat dilaksanakan hanya dengan sekadar menyediakan klinik dan alat-alat kontrasepsi belaka melainkan meliputi masalah-masalah luas, meliputi dan menyentuh perubahan sikap hidup rakyat. Dan berhasil atau tidaknya program ini akan benar-benar menentukan berhasil atau tidaknya kita mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Dikemukakannya bahwa jumlah penduduk yang besar memang merupakan potensi pembangunan yang besar, tetapi hal itu bukan jaminan bagi berhasilnya pembangunan. Peningkatan penduduk yang besar tanpa adanya peningkatan kesejahteraan justru dapat merupakan bencana. Seperti menimbulkan gangguan terhadap program-program pembangunan dan dapat pula menimbulkan kesulitan bagi generasi yang akan datang. Dengan selesainya gedung yang cukup megah ini, diharapkan BKKBN akan makin meningkatkan kegiatannya dan dapat menghasilkan prestasi-prestasi yang lebih besar lagi. Demikian Kepala Negara. (WNR)


[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 607. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.