1978-03-09 Presiden Soeharto Resmikan Jalan Bebas Hambatan Pertama, Tol Jagorawi

Presiden Soeharto Resmikan Jalan Bebas Hambatan Pertama, Tol Jagorawi[1]

 KAMIS, 9 MARET 1978, Jalan bebas hambatan Jagorawi diresmikan penggunaannya oleh Presiden Soeharto pagi ini di Pondok Gede, Jakarta Jakarta Timur. Dalam sambutannya, Kepala Negara mengatakan bahwa jalan ini adalah jalan yang istimewa, karena merupakan “jalan bebas” yang pertama di Indonesia, dan mutunya adalah sama dengan mutu jalan yang terkenal di negara-negara yang sangat maju. Jalan ini dibangun karena bertambah majunya kehidupan ekonomi dan bertambah cepatnya pembangunan, dan disamping itu juga untuk tujuan pemerataan pembangunan sehingga tidak hanya terpusat di Jakarta saja. Dengan demikian Jakarta yang telah tumbuh demikian pesat itu kita manfaatkan,sehingga dapat menggerakkan pembangunan daerah-daerah sekitarnya.

Jalan yang diresmikan Kepala Negara ini menghubungkan Jakarta dengan Bogor dan Ciawi, sehingga memperlancar hubungan ibukota dengan Jawa Barat. Kepala Proyek Jagorawi Ir. Hendra Mulyono mengatakan bahwa selama jalan ini dibangun telah jatuh korban jiwa 21 orang Indonesia dan satu orang Korea. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 609. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.