1978-03-16 Golkar-ABRI-Utusan Daerah Sepakat Presiden Soeharto Calon Tunggal

Golkar-ABRI-Utusan Daerah Sepakat Presiden Soeharto Calon Tunggal[1]

 KAMIS, 16 MARET 1978, Ketua DPP Golkar, Amir Murtono, menjelaskan kepada TVRI malam ini bahwa keluarga besar Golongan Karya, Fraksi ABRI dan Fraksi Utusan Daerah telah sepakat untuk mencalonkan Soeharto sebagai calon tunggal untuk jabatan presiden yang akan datang, sedangkan Adam Malik dicalonkan sebagai calon tunggal untuk jabatan wakil presiden. Selanjutnya dikatakan bahwa malam itu mereka telah menghadap secara resmi kepada Jenderal (Purn.) Soeharto untuk meminta kesediaannya, demikian pula halnya dengan Adam Malik. Amir Murtono juga mengatakan bahwa calon Ketua DPR/MPR sampai saat ini belum diputuskan Golkar dan diharapkan dapat diumumkan hari Minggu yang akan datang.

Ketua Fraksi PP Nuddin Lubis di Sekretariat MPR malam ini mengatakan belum bersedia mengumumkan nama calon wakil presiden. Sementara itu Wakil Ketua Fraksi PDI, Drs. TAM Simatupang, mengatakan bahwa Fraksi PDI akan mendukung sepenuhnya pencalonan Fraksi Karya, Fraksi ABRI dan Fraksi Utusan Daerah terhadap pencalonan Soeharto dan Adam Malik, dan karena itu juga mencalonkan mereka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI yang akan datang sesuai dengan prosedur. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 613. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.