1978-03-29 Presiden Soeharto Umumkan Kabinet Pembangunan III

Presiden Soeharto Umumkan Kabinet Pembangunan III[1]

 RABU, 29 MARET 1978, Bertempat di Istana Merdeka, pagi ini Presiden Soeharto mengumumkan terbentuknya Kabinet Pembangunan III. Susunan kabinet ini meliputi tujuh Menteri Negara yang tidak memimpin departemen dan 17 Menteri Negara yang memimpin departemen. Tiga dari Menteri Negara yang tidak memimpin departemen merupakan Menteri Negara Koordinator, sedangkan empat lainnya adalah Menteri Negara yang mempunyai bidang tugas tertentu yang tidak tertampung dalam atau melampaui bidang tugas suatu departemen. Selain itu masih terdapat enam Menteri Negara Muda. Susunan Kabinet Pembangunan III selengkapnya dapat dilihat dalam Lampiran.

Dalam penjelasannya, Presiden mengatakan bahwa Kabinet Pembangunan III mempunyai tujuh sasaran yang harus dicapai atau Sapta Krida Kabinet. Pertama, terciptanya keadaan dan suasana yang makin menjamin tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat dengan makin memeratakan pembangunan dan hasil-hasilnya. Kedua, terlaksananya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Ketiga, terpeliharanya stabilitas nasional yang makin mantap. Keempat, terciptanya aparatur negara yang makin bersih dan berwibawa. Kelima, terbinanya persatuan dan kesatuan bangsa yang makin kokoh, yang dilandasi oleh penghayatan dan pengamalan Pancasila yang makin mendalam. Keenam, terlaksananya pemilihan umum yang langsung, umum, bebas dan rahasia dalam rangka memperkuat kehidupan Demokrasi Pancasila. Ketujuh, makin berkembangnya pelaksanaan politik luar negeri yang bebas dan aktif untuk diabdikan kepada kepentingan nasional dalam rangka memperkuat ketahanan nasional.

Dalam penjelasannya, Kepala Negara juga mengumumkan nama-nama pejabat Pimpinan Lembaga-lembaga Negara yang erat hubungannya dengan pelaksanaan tugas Kabinet Pembangunan III. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 5. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.