1978-12-09 Presiden Soeharto Resmikan Sistem Pipa Gas Jawa Barat

Presiden Soeharto Resmikan Sistem Pipa Gas Jawa Barat[1]

SABTU, 9 DESEMBER 1978, Presiden Soeharto pagi ini di Mundu, Cirebon, Jawa Barat, meresmikan Sistem Pipa Gas Jawa Barat. Sistem pipa gas yang menyusuri perjalanan yang sangat panjang di berbagai tempat di Jawa Barat ini, sangat bermanfaat bagi berbagai kegiatan industri. Proyek ini dibangun dengan bantuan pinjaman dari berbagai perusahaan Jepang dan dari Pemerintah Iran.

Dalam amanatnya, Kepala Negara mengatakan bahwa tujuan pembangunan kita masih cukup jauh, masalah-masalah yang kita hadapi masih besar dan rintangan-rintangan yang harus kita singkirkan masih banyak. Disamping itu kita juga kadang-kadang perlu mengambil langkah-langkah baru, mengadakan penyesuaian-penyesuaian baru, agar ekonomi kita makin kuat dan agar pertumbuhan kita selanjutnya makin cepat.

Lebih jauh Presiden mengingatkan bahwa membangun suatu bangsa sungguh memerlukan ketekunan, ketabahan dan keuletan. Bagi kita pembangunan bangsa bukan saja memikirkan apa yang kita butuhkan sekarang, akan tetapi juga harus berarti .menyiapkan masa depan  yang lebih pasti dan lebih baik bagi perkembangan bangsa kita selanjutnya. Demikian  antara lain dikatakan Presiden Soeharto. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 94. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.