1979-03-28 Presiden Soeharto Hadiri Upacara Karya Eka Dasa Rudra di Pura Besakih

Presiden Soeharto Hadiri Upacara Karya Eka Dasa Rudra di Pura Besakih[1]

RABU, 28 MARET 1979, Dengan mengenakan pakaian adat Jawa dari Solo, hari ini Presiden Soeharto menghadiri upacara pelaksanaan Karya Eka Dasa Rudra, yang berlangsung di Pura Besakih, Bali.

Setelah menyaksikan upacara persembahyangan, Presiden memberikan sambutannya. Pada kesempatan itu, Kepala Negara mengatakan bahwa peristiwa keagamaan seperti ini hendaknya membimbing kita untuk melakukan mawas diri, apakah sebagai umat beragama kita telah benar-benar menghayati nilai-nilai agama sebagai pedoman hidup kita. Ditegaskannya, kita harus menyadari sedalam-dalamnya bahwa dihayatinya agama secara sungguh-sungguh dalam perikehidupan bangsa kita akan memberikan kekuatan kejiwaan yang kokoh bagi terwujudnya cita-cita utama bangsa kita, yakni terwujudnya masyarakat Pancasila.

Kemudian Presiden mengharapkan agar umat Hindu menjadikan saat pelaksanaan Karya Eka Dasa Rudra ini sebagai tonggak untuk membina dan mengembangkan kehidupan agama sebaik-baiknya pada masa-masa mendatang. Juga diharapkannya agar bersama-sama dengan umat beragama lainnya yang sebangsa dan setanah air, terus menerus menggalang persatuan dan kesatuan bangsa. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 142. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.