1979-05-19 Panggil Sejumlah Pejabat, Presiden Soeharto Tekankan Koperasi Untuk Ekonomi Pedesaan

Panggil Sejumlah Pejabat, Presiden Soeharto Tekankan Koperasi Untuk Ekonomi Pedesaan[1]

SABTU, 19 MEI 1979, Sejumlah pejabat tinggi dipanggil Presiden Soeharto untuk menghadapnya hari ini di Bina Graha. Tampak menghadap Kepala Negara dalam pertemuan yang berlangsung mulai pukul 09.45 itu adalah Menteri Dalam Negeri Amirmachmud, Menteri Pertanian Sudarsono Hadisaputro; Menteri Perdagangan dan Koperasi a.i. Bustanil Arifin, Menteri PAN Sumarlin, Direktur Jenderal Koperasi, Sudjanadi Ronohadiwirjo, Direktur Jenderal Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah, Prapto Prajitno, Direktur Jenderal Pembangunan Desa, diwakili oleh Kol. Agusman, dan Direktur BRI, Hartawan.

Adapun maksud pemanggilan para pejabat tersebut berkaitan dengan pembinaan dan kegiatan perkoperasian. Dalam pertemuan tersebut Presiden mengingatkan para pejabat tinggi yang tugasnya berkaitan dengan kegiatan koperasi agar fungsi pelayanan koperasi kepada rakyat biasa dapat berjalan dengan baik. Kepala Negara menghendaki agar kegiatan perkoperasian diarahkan pada peningkatan pelayanan kepada rakyat pedesaan, sehingga rakyat benar-benar merasakan manfaatnya menjadi anggota koperasi. Dengan demikian akan merangsang anggota masyarakat lainnya untuk menjadi anggota koperasi. Selain itu Presiden juga memberikan petunjuk tentang pembinaan koperasi yang sesuai dengan pasal 33 UUD 1945. Dalam hal ini Presiden menitikberatkan petunjuknya pada koperasi primer di daerah pedesaan. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 160. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.