1979-07-11 Presiden Soeharto Resmikan Depot BBM Pertamina “Timbun” di Padalarang

Presiden Soeharto Resmikan Depot BBM Pertamina “Timbun” di Padalarang [1]

RABU, 11 JULI 1979, Di Padalarang, Jawa Barat, hari ini Presiden Soeharto meresmikan Depot Bahan Bakar Minyak Pertamina. Bahan bakar minyak yang ditimbun di depot yang cukup besar ini langsung dipompa dari Cilacap, Jawa Tengah, melalui saluran yang panjangnya ratusan kilometer dan menggunakan teknologi tinggi.

Dalam sambutannya Presiden antara lain menegaskan bahwa Pemerintah telah mengambil keputusan untuk tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak di dalam negeri, karena Pemerintah menyadari bahwa masyarakat umumnya dewasa ini belum mampu memikul beban kenaikan harga bahan bakar minyak. Penegasan ini diberikan Kepala Negara sehubungan dengan kenaikan harga minyak bumi yang baru-baru ini ditetapkan oleh negara-negara OPEC yang tentunya juga akan meningkatkan harga minyak yang diimpor Indonesia. Menurut Kepala Negara, Pemerintah memilih untuk lebih baik menambah subsidi bahan bakar minyak daripada menaikkan harganya. (AFR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 183. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.