1979-12-17 Kunjungi NTT, Presiden Soeharto Resmikan Pekan Penghijauan Ke-19 dan Jembatan Kali Waju

Kunjungi NTT, Presiden Soeharto Resmikan Pekan Penghijauan Ke-19 dan Jembatan Kali Waju[1]

 

SENIN, 17 DESEMBER 1979, Setelah lebih kurang sepuluh tahun tidak mengunjungi Kupang, hari ini Presiden Soeharto berada kembali di ibukota NTT itu. Kunjungan Kepala Negara kali ini di Kupang adalah dalam rangka pembukaan Pekan Penghijauan Nasional ke-19 yang dipusatkan di Bismark.

Dalam amanatnya, Presiden antara lain mengatakan bahwa salah satu kesalahan pendahulu-pendahulu kita di masa lampau ialah berbuat semena-mena terhadap bumi tempat hidup kita ini. Kita juga lengah tidak memelihara bumi kita dengan cara yang baik. Akibatnya telah kita rasakan sekarang: berjuta-juta hektar tanah kita ada dalam keadaan kritis. Banjir yang menimbulkan bencana dan penderitaan pada banyak penduduk, yang melanda dimana-mana, juga disebabkan oleh kelengahan kita memelihara bumi kita ini.

Oleh karena itu, Presiden menyerukan agar kita semua memelihara bumi kita ini dengan penghijauan kembali tanah-tanah yang kritis, sehingga dapat mewariskan bumi yang hijau dan subur kepada generasi-generasi mendatang. Akan tetapi diingatkannya agar gerakan penghijauan ini tidak berhenti dengan selesainya upacara tersebut.

Bersamaan dengan pembukaan Pekan Penghijauan Nasional ke-19 ini, Presiden juga meresmikan Jembatan Kali Waju yang terletak di Flores. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 233. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.