1980-03-05 Sidang Kabinet Bahas Masa Panen, Produksi Semen dan Harga Kertas

Sidang Kabinet Bahas Masa Panen, Produksi Semen dan Harga Kertas[1]

RABU, 5 MARET 1980, Pagi ini Presiden Soeharto memimpin sidang kabinet terbatas bidang Ekuin di Bina Graha. Sidang antara lain telah membahas masalah panen yang sudah dimulai di beberapa daerah, serta masalah naiknya harga semen dan kertas akhir-akhir ini. Sidang berkesimpulan bahwa kenaikan harga semen disebabkan oleh adanya kerusakan alat produksi di pabrik semen, disamping karena meningkatnya permintaan sehubungan dengan banyaknya jembatan dan pelabuhan yang dibangun. Begitu juga, peningkatan harga kertas yang disebabkan oleh kebutuhan yang sangat meningkat di berbagai kota di Indonesia.

Untuk mengatasi masalah panen, Presiden telah menginstruksikan agar KUD meningkatkan pembelian gabah dari petani, sedangkan Dolog meningkatkan kemampuannya untuk menampung gabah dari KUD. Dengan demikian diharapkan tidak akan terjadi kenaikan harga sehubungan dengan terjadinya panen yang bersamaan di beberapa daerah. Untuk mengatasi masalah kertas, sidang memutuskan untuk membangun pabrik kertas di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Demikianlah antara lain beberapa masalah yang dibahas dalam sidang kabinet yang berlangsung selama lebih dari tiga jam itu hari ini. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 273. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.