1980-03-10 Hadiri Raker Gubernur, Presiden Soeharto Serukan Tanggap Perasaan Rakyat

Hadiri Raker Gubernur, Presiden Soeharto Serukan Tanggap Perasaan Rakyat[1]

SENIN, 10 MARET 1980, Pukul 09.00 pagi ini, Presiden Soeharto membuka rapat kerja para gubernur, bupati/walikota seluruh Indonesia di Balai Sidang, Jakarta. Presiden Soeharto antara lain mengemukakan bahwa dalam pembangunan bidang politik, usaha kita untuk menumbuhkan demokrasi politik akan kita lanjutkan secara konsekuen. Dalam hubungan ini tidak perlu ada kekuatiran mengenai pelaksanaan pemilihan  umum yang akan datang, sebab rakyat saat memilih wakil-wakilnya akan dijamin kebebasan dan kerahasiaannya, dan juga penghitungan suara diselesaikan dengan jujur dan wajar. Kepala Negara juga menjelaskan bahwa Pemerintah dan segenap aparatnya yang ditugaskan menyelenggarakan pemilihan umum bertekad dan wajib beritikad melaksanakan pemilihan umum dengan cara yang benar-benar langsung, umum, bebas dan rahasia.

Khusus bagi semua para kepala daerah, Presiden Soeharto telah memberikan petunjuk untuk melaksanakan “Enam Sukses” yang telah disampaikan dalam rapat kerja sebelumnya. Petunjuk itu hendaknya tetap menjadi prioritas bagi semua kepala daerah, demikian pinta Presiden. Namun yang penting menurut Presiden ialah agar dalam setiap tahap pembangunan kita harus dapat mencapai kemajuan dan sekaligus memberikan arah yang jelas dan makin memperkokoh stabilitas nasional yang dinamis. Kita harus bekerja keras dan berusaha secara bertahap mencapai kemajuan sesuai dengan kemampuan kita. Oleh karena itu diserukan agar pelaksanaan pembangunan dipacu semakin cepat, sebab harapan semua pihak mengenai hasil-hasil pembangunan telah memasuki dimensi-dimensi baru. Hasrat dan keinginan makin meratakan pembangunan yang mengarah dan mencerminkan suasana dan arti keadilan sosial yang makin mendesak.

Ketika mengakhiri pidatonya, Kepala Negara menyerukan agar para kepala daerah dan seluruh aparatnya selalu tanggap akan perasaan dan keinginan rakyat. Tunjukkan kepada rakyat bahwa segala usaha pemerintah adalah untuk membawa rakyat kepada kemajuan dan kesejahteraan bersama yang makin terasa adil. Demikian antara lain pengarahan Presiden. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 274. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.