1980-03-18 Presiden Soeharto Resmikan Pabrik Semen Indarung II

Presiden Soeharto Resmikan Pabrik Semen Indarung II[1]

SELASA, 18 MARET 1980, Presiden Soeharto hari ini meresmikan Pabrik Semen Indarung II di Indarung, Padang, Sumatera Barat. Menyambut peresmian itu, Kepala Negara mengatakan bahwa salah satu prinsip yang senantiasa dipegang teguh bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan ialah membangun dengan mengerahkan kemampuan sendiri, sedangkan kerjasama dan bantuan luar negeri hanyalah berfungsi sebagai pelengkap untuk mempercepat pembangunan. Presiden menyatakan bahwa bangsa Indonesia tergolong dalam kelompok besar negara yang sedang membangun. Oleh karena itu bangsa Indonesia dengan gigih dan teguh berusaha bersama-sama dengan negara-negara berkembang lainnya menciptakan tatanan ekonomi dunia yang lebih adil.

Juga dijelaskan oleh Presiden bahwa dalam setiap bidang sudah terdapat dan tercapai kemajuan-kemajuan dalam pembangunan yang sudah diusahakan dan dilaksanakan sejak Repelita I, dan berusaha mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Karena itu dalam Repelita III sekarang ini sejalan dengan tekad terus mempercepat pertumbuhan ekonomi, Pemerintah bersama-sama masyarakat juga menempuh delapan jalur pemerataan.

Akhirnya, Presiden Soeharto berharap agar dengan berproduksinya pabrik semen Indarung II ini, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini khususnya dan di Sumatera Barat umumnya juga ikut bertambah baik. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 276. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.