1980-12-02 Presiden Soeharto Lakukan Pembicaraan Resmi dengan PM Indira Gandhi

Presiden Soeharto Lakukan Pembicaraan Resmi dengan PM Indira Gandhi[1]

 

SELASA, 2 DESEMBER 1980, Pada hari kedua kunjungan di India, Presiden dan Ibu Soeharto mengunjungi Samadhi Raj Ghat, yaitu tempat penyimpanan abu Mahatma Gandhi, dimana Presiden meletakkan karangan bunga. Selanjutnya Presiden beserta rombongan mengunjungi Nehru Memorial Museum, bekas kediaman resmi Perdana Menteri India pertama, Jawaharlal Nehru.

Selama satu jam siang ini Presiden meninjau Indian Agriculture Institute yang berada di New Delhi. Disini Presiden Soeharto sangat tertarik akan hasil-hasil riset di bidang kapas dan gandum. Tampak sekali Presiden memberikan perhatian besar terhadap keterangan-keterangan yang diberikan oleh pimpinan lembaga itu mengenai tanaman-tanaman yang menghasilkan minyak dan lemak nabati, makanan ternak, buah-buahan, sayuran, bunga-bunga, masalah-masalah penggunaan tanah, soal-soal genetika, penggunaan isotop atom buat peningkatan panen, irigasi, teknologi produksi, pembibitan padi unggul, dan lain sebagainya.

Siang ini Presiden Soeharto mengadakan pertemuan babak kedua dalam suatu jamuan siang yang diselenggarakan oleh PM Indira Gandhi. Selain membahas perkembangan di Asia Barat, termasuk konflik Irak-Iran, dan Asia Tenggara serta kawasan Samudera Hindia, keduanya juga membicarakan masalah-masalah bilateral. Persoalan Gerakan Non-Blok telah pula mendapat perhatian khusus dalam pembicaraan siang ini. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 364. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.