1980-12-13 PM Papua Nugini Akhiri Kunjungan dan Keluarkan Komunike Bersama

PM Papua Nugini Akhiri Kunjungan dan Keluarkan Komunike Bersama[1]

SABTU, 13 DESEMBER 1980, PM Julius Chan dan rombongan malam ini mengakhiri kunjungannya di Indonesia. Sebagai hasil kunjungan itu, siang ini telah dikeluarkan komunike bersama Indonesia-Papua Nugini. Dikemukakan dalam komunike itu bahwa Presiden Soeharto dan PM Julius Chan menyepakati untuk menjajaki kemungkinan dilakukannya kontak yang lebih positif dan nyata antara Forum Pasifik Selatan dan ASEAN. Juga disepakati mengenai pentingnya dipelihara perdamaian, kebebasan dan netralitas kedua organisasi regional ini.

Disepakati pula bahwa sebagai negara bertetangga, kedua negara perlu meningkatkan hubungan di bidang perdagangan, pariwisata, olahraga dan pendidikan. Kedua pemerintahan menyatakan kepuasan atas tercapainya persetujuan kerjasama teknik dan persetujuan dasar mengenai pengaturan perbatasan antara kedua negara. Dalam komunike itu, PM Julius Chan menegaskan kembali dukungan Papua Nugini terhadap Indonesia dalam masalah Timor Timur, dan Timor Timur dianggapnya sebagai masalah dalam negeri Indonesia. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal.368 Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.