1980-12-15 Presiden Soeharto Buka Sidang OPEC di Denpasar

Presiden Soeharto Buka Sidang OPEC di Denpasar[1]

 

SENIN, 15 DESEMBER 1980, Hari ini di Denpasar, Presiden Soeharto membuka sidang OPEC ke-59. Ini merupakan sidang OPEC ketiga yang diadakan di Indonesia. Dalam amanatnya, Presiden mengatakan  bahwa kita merasa memikul kewajiban untuk memelihara keutuhan dan kekuatan OPEC, karena organisasi kita ini merupakan himpunan potensi yang ada yang memiliki kekuatan dari dunia ketiga. Dunia ketiga memandang dan mengharapkan agar OPEC dapat merupakan salah satu ujung tombak yang ampuh untuk menciptakan Tata Ekonomi Dunia Baru, yang membuka jalan bagi terciptanya dunia baru yang memberi kemajuan dan kesejahteraan yang berkeadilan bagi seluruh umat manusia.

Karena itu, demikian ditegaskan Kepala Negara, yang kita pikirkan bukan hanya tujuan-tujuan jangka pendek yang barangkali menguntungkan kita sendiri. Yang kita pikirkan adalah tujuan-tujuan jangka panjang yang sekaligus dapat membantu percepatan pembangunan dunia ketiga . Inilah yang kita rasakan sebagai panggilan sejarah menjelang berakhirnya abad ke-20. Demikian antara lain diamanatkan oleh Presiden. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 368. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.