1980-12-23 Presiden Soeharto resmikan Pekan Penghijauan Nasional di Pekanbaru

Presiden Soeharto resmikan Pekan Penghijauan Nasional di Pekanbaru[1]

 SELASA, 23 DESEMBER 1980, Presiden dan Ibu Soeharto pagi ini tiba di Pekan Baru dalam rangka peresmian Pekan Penghijauan Nasional ke-20 yang dipusatkan di Bangkinang. Melalui Gerakan Penghiauan yang dicanangkan sejak tahun 1961 itu telah banyak areal tanah kritis yang telah dihijaukan kembali di seluruh Indonesia. Selama Repelita I penghijauan dan reboisasi sudah dilakukan di atas areal seluas 510.324 hektar; areal ini meningkat dengan tajam selama Repelita II, yaitu 2.449.253 hektar. Dan dalam dua tahun pertama Repelita III ini usaha penghijauan dan reboisasi telah mencapai 1.899.195 hektar.

Dalam meresmikan Pekan Penghijauan Nasional ke-20, hari ini dari Bangkinang, Presiden menyerukan kepada seluruh petani Indonesia agar ikut aktif dalam kegiatan penghijauan, karena pelestarian tanah dan air tidak lain adalah untuk kepentingan para petani sendiri. Kepada seluruh lapisan masyarakat diserukannya juga untuk ikut pula aktif dalam kegiatan penghijauan dalam lingkungan masing-masing, karena kegiatan ini merupakan kunci bagi keselamatan kita dan kunci bagi kebahagiaan anak cucu kita. Dalam amanatnya, Presiden juga mengingatkan pentingnya semua pihak memahami kegunaan dari berbagai tumbuhan dan satwa. Secara khusus dimintanya agar perlindungan terhadap satwa terlindung seperti gajah, harimau, badak dan lain-lain benar-benar dapat dilaksanakan. Pelanggaran terhadap perlindungan ini harus ditindak tegas.·Menurut Presiden, gerakan penghijauan nasional ini merupakan salah satu ikhtiar untuk memberi isi pada usaha melestarikan keseimbangan kehidupan dalam lingkungan alam dengan mutu dan jumlah yang tak berkurang. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 370. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.