1984-07-03 Dorong Pencerdasan Bangsa, Presiden Soeharto Minta Menperin Perkuat Industri Kertas Dalam Negeri

Dorong Pencerdasan Bangsa, Presiden Soeharto Minta Menperin Perkuat Industri Kertas Dalam Negeri[1]

 

SELASA, 3 JULI 1984 Menteri Perindustrian, Hartarto, menghadap Presiden Soeharto di Cendana pagi ini. Ia menghadap Kepala Negara untuk melaporkan mengenai upaya pengendalian harga kertas, sebagaimana yang ditugaskan kepada Departemen Perindustrian. Pada kesempatan itu Presiden meminta supaya harga kertas tulis atau cetak di dalam negeri dikendalikan dengan sistem harga patokan. Hal ini dimaksudkan agar harga barang strategis ini benar-benar stabil serta menunjang program peningkatan kesejahteraan dan aspirasi bangsa.

Presiden juga meminta agar struktur industri kertas di dalam negeri diperkuat untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap suplai dari luar negeri. Dalam hubungan ini Kepala Negara berpendapat bahwa kertas tulis atau kertas cetak merupakan barang strategis, karena berperan penting dalam upaya mencerdaskan bangsa, pendidikan, kebudayaan serta kegiatan peningkatan kesejahteraan spiritual rakyat. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 181. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.