1985-11-07 Usai Menghadap Presiden Soeharto, Sumarlin: Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Dikaitkan Transmigrasi

Usai Menghadap Presiden Soeharto, Sumarlin: Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Dikaitkan Transmigrasi

KAMIS, 7 NOVEMBER 1985 Setelah menerima Menteri Tenaga Kerja, siang ini Presiden juga menerima Menteri/Ketua Bappenas JB Sumarlin yang menghadap bersama Menteri Pertanian Achmad Affandi dan Menteri Transmigrasi Martono serta Menteri Muda Urusan Peningkatan Produksi Tanaman Keras, Hasjrul Harahap. Dalam pertemuan dengan Kepala Negara itu telah dibahas masalah penggalakan proyek Perkebunan Inti Rakyat (PIR) di berbagai daerah.
Seusai pertemuan, Menteri Sumarlin mengatakan bahwa PIR tersebut akan dikaitkan dengan program transmigrasi. Selanjutnya dikatakannya bahwa program PIR yang sudah dimulai sejak tahun lalu akan disempurnakan. Untuk menggalakkan program PIR ini, maka transmigran peserta PIR akan diberikan hak-hak, seperti pemilikan lahan pekarangan seluas dua hektar dan jaminan hidup selama satu tahun. (AFR)

__________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 382-383. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.